Rabu, 28 April 2010

Belajar dari Balita

Postingan kali ini gak ada hubungannya dengan luapan emosi, slogan, apalagi desain :)). Tapi pengalaman "Sungguh-Sungguh Terjadi". Dan cerita ini sebenarnya sudah Joni posting di akun FBku 3 hari lalu dan membuat beberapa temanku terpingkal lewat komentarnya, karena lucu makanya Joni teruskan posting di gallery ini.. ok langsung saja..

Beberapa hari lalu, waktu pulang kerja, aku mampir untuk jajan mie ayam di tempat favoritku. Waktu sampai di warung, ada yang lain dari biasanya, ada anak kecil cewek (kira-kira usia balita 3,5 tahunan lah).

Anak kecil itu mulai menyapaku gini; "mau beli apa om?"; "beli mie ayam dek" jawabku. Saat itu juga ibu penjual mie ayam keluar. Setelah aku pesan mie ayam, anak kecil itu mendekatiku, padahal baru ketemu, tapi si anak nampak pemberani sekali, ia mulai mengikuti dan duduk di sampingku.

Dari pertama lihat aku pikir ini anaknya si ibu penjual mie ayam, tapi waktu aku tanya ibu, ternyata ibu bilang kalo anak kecil itu keponakannya dari batam. Ibunya Jawa (adiknya penjual mie ayam) dan bapaknya Padang, tapi tinggalnya di Batam, di Jogja baru tiga hari ini.. cerita si Ibu.

Dalam batinku; "...hemm pantes, ngomong bahasa Indonesianya fasih banget, gak ada logat Jawa maupun Padang, padahal anak kecil itu kalo dilihat kulit & wajahnya,"njawani banget".

Sambil nunggu mie ayam dimasak, aku ngobrol dengan anak kecil itu;


Aku; "adik sekolah belum?"

Balita: "belum om.."

A: "adik dari mana?"

B: "Batam om.."

A: "hmm.." (sembari aku lihat tingkahnya yang aktif mencari perhatian)"

B: "om, ..om, kemarin aku naik pesawat ke Jawa"

A: "asyik donk!, sama siapa aja tu?"

B: "sama bapak..., sama ibu'.., sama kaka'"

A: "hmm..., bapakmu dari mana dek?"

B: "Padang.."

A: "kalau ibu?"

B: "urang Jawa, om.."

A: "adik bisa ngomong jawa?"

B: "jawa.."

A: "adik bisa ngomong jawa?" (*aku ulangi pertanyaan lagi)

B; "jawa.."

A: "adik bisa ngomong bahasa jawa?"

B: (sambil menggeleng dengan polosnya menjawab) "ga bisa om.."


============================
*hahaha.. ini yang bodoh siapa?

4 komentar:

Ali Mas'adi mengatakan...

wua..ha..ha..ha... si om nya kurang ajar...

Kang Ismet mengatakan...

Hohohoho...
Jadi inget anak saya mas... namanya Rifa Nafa Ilfati, panggilannya Ifa.. Ceritanya, Kalau liat film barbie yang berbahasa inggris dia tau itu bahasa Inggris, tapi pas liat film barbie yang berbahasa Indonesia dia bilang "Berbienya bahasa IFA..." :)

simpanglima mengatakan...

senengnya kalo punya anak yang cerdas.

Anonim mengatakan...

Kalo disuruh jawab yang bodoh siapa, itu sulit...tapi kalo disuruh jawab yang pinter itu siapa, ya si adek kecil lah...haha...adietsign