Kamis, 22 Januari 2009

Zi


William Shakespeare mengatakan; “Apalah arti sebuah nama?”
heem... sepahamkah Anda dengan ungkapan tersebut?
mungkin untuk nama hewan, tumbuhan atau nama benda tertentu, ungkapan di atas bisa diterima, tapi untuk nama seseorang, nama blog/web bahkan nama perusahaan, Joni Balbo pribadipun tidak setuju dengan ungkapan Shakespeare tersebut. Sedangkan dalam hadist Islam; “Nama adalah doa”, maka berikanlah nama yang terbaik untuk apapun yang Anda “banggakan”, karena sebuah nama atau panggilan secara psikologis akan ikut membentuk perilaku dan masa depan seseorang.

Pepatah Islam juga menuliskan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”
(lalu… apa hubungan “Nama dan China?”)
Ya… di postingan edisi Imlek kali ini, Joni Balbo akan berbagi pengalaman tentang pemilihan nama blog dalam frame Zibalbogallery.

Tak kenal maka tak sayang, maka kenali dirimu dan orang-orang terdekat di sekitarmu…
Mungkin bagi pengunjung Zibalbogallery yang sudah mengenalku, pernah terbesit rasa penasaran dengan nama “Zibalbo” yang kata seorang teman terdengar Spanis dan Italiano, namun sebenarnya nama Zibalbo merupakan rangkaian kata dari “Zi” dan “Balbo”. Penggabungan keduanya bukanlah tiba-tiba terjadi, tetapi memiliki arti dan melalui “proses” yang terencanakan.

Zi merupakan gelar kehormatan sejarah Huaxia (Tionghoa) bagi manusia yang unggul; Zi berarti bapak yang mulia terhormat, setara seorang suciwa yang jenius, sebagai tokoh panutan tiada tara. Dalam kesenian China, kata "Zi' digunakan sebagai sebutan ahli filsafat. Penggabungan kata Balbo (kawan lama pernah memanggilku dengan panggilan Joni Balboa, yang diturunkan dari nama legendaris Rocky Balboa, petinju imigran asal Italia yang menetap di Philadelphia, pada zamannya Balboa adalah petinju yang tak terkalahkan). Sedangkan nama Joni yang terdengar ke barat-baratan, ini memang nama depan asliku yang sebenarnya, namun dalam konteks Jawa, Joni berarti "kendel/berani, maju terus dan pantang menyerah". Pada perkembangannya lewat share dengan sobat logomaniax bernama Husni, akhirnya Balbo tidak hanya sekedar diturunkan dari nama Balboa sang pejuang tangguh, tetapi BALBO berkembang maknanya menjadi jargon "BALadewanya Bikin logO". Baladewa adalah satu tokoh dalam pewayangan yang sangat sakti mandraguna.

Joni Balbo / Zibalbo, jadilah paduan nama timur dan barat yang terkesan idealis dari segi maknanya, ya… sudah seharusnya nama adalah energi positif dan doa-doa yang terbaik di setiap rangkaiannya…

So, mari mencipta nama yang ideal untuk nama web, perusahaan atau jika Anda akan menjadi orang tua dari “bakal” anak-anak Anda, berikanlah nama yang terbaik untuknya, karena setiap panggilan yang dilontarkan adalah doa bagi yang Anda “banggakan”.

“Gong Xi Fat Chai” semoga keberuntungan berlimpah menyertai juga pada setiap nama yang Anda ciptakan, Amin.

15 komentar:

antown mengatakan...

ooo gitu artinya ya
baru tahu saya..hehehe
makasih

Joni Balbo mengatakan...

he.he.. kurang lebihnya begitu bos:)
thx atas kunjungan n komentarnya:)

Anonim mengatakan...

ooo....gt toh arti na...okeh..okeh...ngerti deh qq krg.. ^^/ ^qq^

chowzn mengatakan...

deeh...galery ini selalu saja memberikan banyak inspirasi, nama blogmu memang banyak mengandung makna, siip dah, sampe2 aku baru engeh klo ada unsur chines(gimana tuh nulisnya)

Anonim mengatakan...

Pengetahuan baru nih tentang seorang THE MASTER....adietsign

Joni Balbo mengatakan...

#qq;
thx nona cantik :) dah berkunjung n berapresiasi…

#chowzn;
syukurlah kl galleryku bisa memberi inspirasi buatmu juga…
yup, tuntutlah ilmu sampi ke negeri China… :)

#adietsgn;
THE MASTER… wew terlalu berlebihan bos…
Anggap saja aku sebagai teman yg sama2 belajar, jd gak ada yg lebih tinggi n lebih rendah.. tp untuk mencipta nama; buatlah nama yg sebagus-bagusnya / semaster-masternya… he he..

whiz mengatakan...

lo u di Kuil Sam Poo Kong Semarang to...? Kok gag mampir he...

Joni Balbo mengatakan...

Iya bos, kebetulan itu koleksi foto2ku pas liburan kemarin, salah satunya di kuil Sam Poo Kong Semarang.
Kebetulan aku posting tema Imlek, untuk mendukung isi postingan, foto2 tersebut pas banget ditampilkan sekalian :)

Ok, kpn2 kl ke Semarang lg, aku mampir : ) thx

isdiyanto mengatakan...

itu jadi begitu sejarahnya,.,,

Joni Balbo mengatakan...

#isdiyanto;
iya mas, sejarahnya begitu:) thx dah berkunjung...

IPS BANGET mengatakan...

Apapun namanya, yg pentingf kualitas dirinya. Krn apa? Setiap yg kita punya mesti ada cacat atau kurangya jijka di lihat or4ang lain. Jd misalnya nama kita jelek, maka orang hanya akan ngomentari jelek nama kita. Jk nama kita bagus, pasti orang lain akan mencari kelemahan kita yg lain. Jd so what gitu looh

Ali Mas'adi mengatakan...

Hebat... page rank nya naik pasti...

Joni Balbo mengatakan...

#IPS BANGET;
he.he.. thx bgt pak marjo:)
tp menurutku perilaku kita diamana-mana upayakan harus baik..
msalah penilainnya, terserah orang lain, yang penting kita sudah mencoba menjadi yang terbaik (menurut kita pastinya..)

Ok, thx untuk kunjungan n apresiasinya...

#Ali Mas'adi;
thx bos, untuk kunjungan n apresiasinya...
page rank? gak begitu penting bos:) yang penting tambah hoki n tambah sukses aja dah... Amin

Anonim mengatakan...

wuih...latar belakang nama zi trnyata sangat ciamik...

Sori yo, baru bisa beri komen... biasa... klo gak sdg padet ya sdg capek bgt..hehe...

Hwiuhh...kapan ya aku sempet bikin blog...?

Padahal rencananya 7 januari sudah mau bergerak, eee.... ada kerjaan datang membludak...

Oke deh,... jgn berhenti berkarya, terus maju 'n sukses slalu...

husny
(mampir saat ngantuk berat)

Joni Balbo mengatakan...

#husni;
Thx bos untuk kunjungan n apresiasinya..
He he.. aku dah maklum bos, dirimu kan jam terbangnya tinggi… smp lupa daratan.. he.. he..

Untuk blogmu, aku tunggu launchingnya… mosok copywriter kalah sama yg otodidak? He he..

Insyaallah aku berupaya terus berkarya…
Btw, kl ngantuk tidur dulu bos, jangan dipaksakan… “kalau bisa bangun pagi, ngapain harus lembur?” He he…

Oh iya… thx bgt untuk chatting baladewanya… :) namamu aku tulis juga tu di postingan. Thx ya…