Selasa, 31 Maret 2009

Logo 60 Tahun UGM


Laksana seorang “Laksamana Petualang Cinta” yang telah mencoba meminang puluhan gadis Nusantara, mulai dari “gadis-gadis” Ibukota Jakarta, Bali, Padang, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, sesekali mencoba ke luar negeri di Brussels - Istanbul, namun tebar pesonaku selama setahun lebih, ternyata tidak cukup memikat para pemikat, alias hasil akhir yang melekat adalah “penolakan beruntun”.
Dan siapa yang menyangka, setelah jatuh bangun di perantauan, ternyata “jodohku” bertemu dengan tetangga sendiri yakni di Jogja, tepatnya pada moment awal perayaan 60 tahun UGM.

Ya.. "jodoh" yang Joni Balbo maksud di sini adalah jodoh dalam konteks Zibalbogallery :)) yakni kompetisi desain logo di kampus Gadjah Mada Yogyakarta. “Jodoh” yang telah melambungkan nama asliku Joni Martono dari “wong ndeso” dalam waktu seminggu ini secara beruntun bak seleb dadakan di antero jogja dan sekitarnya, dikarenakan fotoku dengan wajah pas-pasan :) muncul di media online UGM serta media massa lokal “Radar Jogja” (26/3) dan “Kedaulatan Rakyat” (27/3), surat kabar ternama di Kasultanan Yogyakarta dan sekitarnya. Seumur-umur baru kali ini Joni bisa nampang di media massa dengan kabar gembiranya. Sebuah sejarah yang tak bisa dilupakan begitu saja, yang akan Joni bagikan untuk anak cucuku kelak, tentunya jika masih diberi umur panjang oleh Yang Kuasa... semoga...

Di atas, telah Joni Balbo publikasikan gambar konsep logo 60 tahun UGM dengan contoh aplikasinya pada media umbul-umbul. Logo yang membawaku pada posisi paling beruntung di antara ratusan peserta lomba logo lainnya dari seluruh Nusantara. Menurut penyelenggara lomba logo; Rektor UGM menilai, dari hasil 616 desain karya logo yang diikutkan dalam penilaian tim juri, hampir semuanya bagus. Namun pihak panitia lebih menitikberatkan pada makna logo yang berhubungan dengan tema Dies Natalis UGM. “Kita memilih yang sesuai dengan tema yang dicanangkan,” kata Rektor.

Adapun
secara singkat, konsep logo 60 tahun UGM yang mengantarkan pada keberuntunganku yang dimaksud adalah sebagai berikut;

[ Bentuk logo mengambil tema dari Dies Natalis UGM ke-60, yakni “60 Tahun UGM Membangun Sinergi Pelaku Pemberdayaan Masyarakat”, tema tersebut Joni Balbo terjemahkan sebagai interaksi aktif tiga pelaku pemberdayaan; yaitu Pihak Pemberdaya yang terdiri dari Institusi Pendidikan (UGM) dan Pemerintah, serta Pihak Diperdaya yaitu Masyarakat. Ketiga pelaku pemberdayaan masyarakat tersebut direpresentasikan kedalam simbol manusia dengan tiga warna yang saling bersinergi membentuk angka 60, yang merupakan perwujudan dari 60 tahun usia UGM bersama pemerintah dalam membangun dan mencerdaskan bangsa. ]

Sampai hari ini Joni-pun masih mencari-cari, menerka, menebak, mencoba memahami, kenapa begini, kenapa begitu; kenapa aku menuai kemenangan di kompetisi ke-25 kalinya, kenapa menang lomba logo di lembaga pendidikan selevel UGM, kenapa namaku sempat salah cetak di salah satu surat kabar, kenapa identitas pribadiku begitu di ekspos.. (kalo yang satu ini Joni maknai sebagai motivasi diri, syukur-syukur bisa memotifasi guru-guru lainnya:) amien.
Joni yakin ini semua adalah "rahasia-rahasia-Nya", yang mana Pencipta telah merencanakan dengan segala skenarionya dan
semoga kelak Joni tahu jawaban-jawabannya... Amien.

Sebuah pelajaran pengalaman hidup yang dapat kupetik; "rejeki, prestise, popularitas, pengakuan," segalanya telah diatur, tapi dia tidak akan datang jika kita tak pernah berusaha memperjuangkan dan mencarinya… bukan begitu?
Seperti apa yang telah kupatrikan dalam prolog blog;

Zibalbo: nama yang uniq, paduan timur dan barat, filosofi seni dan teknologi; mystery yg mengajarkan teka-teki dan arti perjalanan hidup, smangat pantang menyerah! dan yang pasti... menang kalah digariskan Tuhan, juga pilihan, maka harus benar-benar diperjuangkan!”

alhmdulillah... akhirnya kini aku bisa melaksanakan sebagian kecil dari apa yang pernah kutulis sendiri di blog ini setahun yang lalu...

Semoga keberuntunganku ini adalah keberuntungan beruntun, bagi Joni Balbo pribadi dan bagi Anda semua; tamu-tamu kehormatan Zibalbogallery. Amien…

=================================================
The Dreams Come True

27 komentar:

antown mengatakan...

alhamdulillah, semoga tetap beruntung setiap harinya. bro, ingat bahwa hidup juga penuh dengan misteri. hari ini kadang dipuji, besok bisa jadi dicaci. Yuk kita tetap semangat untuk menjadi yang terbaik. Demi kemajuan diri kita, demi anak-anak kita, demi negeri kita, demi desain grafis indonesia.

Joni Balbo mengatakan...

Thx bos, betul sekali katamu;
kl kata orang bijak "hidup adalah perbuatan - perubahan" dan kita semua juga tau; tak ada manusia di dunia ini yang sempurna, jadi dicaci atau dipuji, semoga kita selalu terus koreksi diri, serta selalu siap dengan segala kemungkinannya.

teorinya begitu seprtinya... namun tidak gampang juga untuk melakoninya...

Sekali lagi trimakasih atas apresiasinya..

bin mengatakan...

met atas menang logo ugm-nya ya...keep fighting spirit

Joni Balbo mengatakan...

thx mas bin untuk suportnya selama ini.. sukses buat mas bin. amien

Ali Mas'adi mengatakan...

Pantes yen menang...

wong ndeso mengatakan...

semangat yang teruji dgn kompetisi, n diasah dgn keketkunan, akhirnya bw hasil. SELAMAT BRO!

Anonim mengatakan...

Oalah iki toh....apik tenaaaaaaaaaaaaaan!!!!!!....bos di depan masih banyak yang harus diterjang....tetap semangat....adietsign

Joni Balbo mengatakan...

# Ali, Wong ndeso, Adiet;
Thx sodara-sodara smua, tanpa dukungan kalian smua, tak mungkin aku bisa terus berbenah.

Ok, semoga smuanya manjadikan amal bagi sobat semua. amien.

Anonim mengatakan...

wah memang hebat kak balbo 2 dapat undian nomplok ketiban rajeki bagi bagi donk kak akeh lho kuwi limang juta nek aku tak pake buat nambahin beaya leptop sorry yo aku rodok iseng ^_^ harap maklum hch

Joni Balbo mengatakan...

wedew, Anonim? siapakah gerangan yag berkomentar demikian? he.. he..

thx untuk komentarnya

Anonim mengatakan...

selamat ya


kedaikebu

thyan mengatakan...

wah bro, emang paling jagonya ni ngbuat logo..
alhamdulillah menang juara 1, ga tanggung2 lg, UGM!
wahwah..bentar lagi merambah ke dunia majalah dan pertelevisian ni kynya,hehehee...

Joni Balbo mengatakan...

Thx thyan;
Ini bukan jago kok, diluar sana banyak yang lebih jago2,
Alhmdulillah keberuntungan dari-Nya baru berpihak padaku..

Ok, thx untuk doanya, sukses juga buat Thyan, Amien

heloguno mengatakan...

waw.. mantap konsep logonya pantesan menangg.. BRAVO!!.. slamat juga akhirnya berubah menjadi com.. mudah2n makin cadasss.. toss...

Joni Balbo mengatakan...

BRAVO!

thx untuk doanya, sukses juga buat heloguno...

Anonim mengatakan...

Desain logo lu yg laen si terus terang menurut gw jelek, klo ga mau dibilang parah. tp yg ini emang pantes menang.ga bagus2 amat tp unik.

-ayajiw-

Joni Balbo mengatakan...

#-ayajiw-;

Wiuw, thx atas kritikannya...
Mau dibilang jelek atau parah, bagi saya gak masalah, yang jelas pada masanya desain2 tersebut bagi saya pribadi sudah yang terbaik, terbaik baik bagi saya, belum tentu bagi Mas -ayajiw- demikian juga sebaliknya…

Desain-desain logoku yg Mas -ayajiw- bilang jelek bahkan parah, bagi saya; itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaranku dari “NOL”, dan saya adalah orang yang sangat menghargai sebuah proses.

Jika Mas -ayajiw- bilang jelek atau parah, saya sangat menyayangkan Mas -ayajiw-, kok seprtinya Mas -ayajiw- tidak bisa bersikap bijaksana, kenapa Mas -ayajiw- berkomentar tidak meninggalkan lingk web tempat menyimpan portofolio desain logo-logo Anda.

Jika diijinkan, tentu saya akan melihat karya2 Mas -ayajiw- dan pasti saya akan belajar dari karya2 Anda, serta saya juga berusaha menilai karya Mas -ayajiw- secara obyektif pula... dan tentu endingnya saya akan lebih menghargai Anda sebagai seorang kritikus sejati..

ok saya tunggu kunjungan Mas -ayajiw- kembali di galleryku ini, tentu saja dengan lingk portofolio karya2 Anda…

terimakasih...

Anonim mengatakan...

wah..sayangnya gw ga punya. Gw cm tukang kritik yg mencoba jujur pada kenyataan yg gw liat. mungkin terdengar jahat, tp itulah kenyataan yg gw liat. temen2 lu mungkin bilang bagus karena mereka ga tau yg bagus gmn mungkin ato merasa ga enak aja sama lu.I don't know. gw cm berkata sesuai kenyataan aja. Tapi klo lu bilang lu adalah orang yg menghargai sebuah proses, untuk karya terakhir lu gw bs bilang "Congrats, you really make a good progress here!"
gw jg mencoba ga subyektif kok, sperti yg gw bilang, karya terakhir lu unik. seperti itulah logo yg bagus buat referensi lu di kemudian hari.


-ayajiw-

Joni Balbo mengatakan...

Saya gak mendengar nada jahat kok bos:), dan saya juga sangat terbiasa sekali dengan kritikan bahkan makian… karena dari situlah saya merasa bisa berkarya lebih baik dari sebelumnya..

bagi saya pribadi; orang menilai sesuatu pasti punya alasan sesuai dengan pengalaman dan referensinya, dan saya juga akan menilai kualitas kritikan seseorang, salah satunya juga dilihat dari latar belakangnya.

Uke gak masalah kl memang Anda gak punya karya di portofolio,
Sekali lagi thx untuk sarannya…

Salam,

Anonim mengatakan...

well, sptnya lu orang yg selalu berpikiran positif. smoga lu bs jauh berkembang karenanya. dan smoga tulisan gw yg menyebalkan ini bs jadi hal yg positif dalam proses pemblajaran lu.haha..gw tunggu karya2 lu berikutnya.good luck.

Joni Balbo mengatakan...

bukan selalu berpikir positif bos, mungkin akan lebih tepat dikatakan “berupaya berpikir positif”.
“Upaya” adalah bagian dari proses, dan saya sangat menghargai karenanya...

Soal tulisanmu, jika dirimu bilang “menyebalkan,” akupun dengan jujur mengiyakannya. Tp suatu yg menyebalkan di awal, endingnya akan jadi percakapan yang menyenangkan bila kita bisa menjinakkannya..

Uke, aku tunggu kritikanmu selanjutnya, kl bisa dengan karyamu juga…
Ada puji ada caci, idealnya ada bukti… pas bukan?
He.. he..

terimakasih

Anonim mengatakan...

Ikut nimbrung ah....
Iya juga tuh Joni, kalo bisa mengkritik.. mana dong hasil karya nya mas -ayajiw-, kan bisa liat2..
Jangan2 lebih parah lagi, hahaha...
Eh -ayajiw- atau -wijaya-..
atau samaran kali, wew...

Joni Balbo mengatakan...

# Anonim;
Wew… -ayajiw- / -Wijaya- atau siapapun, saya gak mempermasalahkannya,
Saya hanya mempermasalahkan caranya mengkritik.

Kritik yang “baik” bukanlah pekerjaan yang gampang, apalagi tak beralasan,
tapi kritik yang bermartabat adalah kritik berestetika dan beretika..

Ya.. semoga apa yg dilontarkan Mas –ayajiw-, terus menjadi pembelajaran bagi saya pribadi, syukur2 orang lain juga...

Terimakasih
(Joni yang sedang dan terus belajar bersikap bijak)

arif mengatakan...

selamet mas..
tetap semangat berkarya..

Joni Balbo mengatakan...

# arif;
thx mas untuk apresiasinya...

insya allah terus berkarya...

isdiyanto mengatakan...

keren juga logo nya...

Qassim mengatakan...

Creating a good blog and also maintaining it is the real challenge
QU-IT & QU