Minggu, 16 Maret 2008

IMPIAN MOBIL MASA DEPAN


Selamat datang di Zibalbo Gallery… trimakasih untuk anda yg setia menanti kryaku terkini… :)

Seperti biasa… karyaku ini selain sebagai bentuk penuangan imajinasi juga untuk kompetisi. N poster kali ini aku jagokan di lomba poster “Cegah Pemanasan Global” di sebuah organisasi pecinta lingkungan di Kotagede Jogjakarta. Namun, yg membuat ‘tantangan berbeda’, panitia mewajibkan karya harus manual, g’ seperti karya2ku sblmnya, yang lbh main fotografi n olah digital. Jadi… mau g’mau Balbo harus back to nature, meski dengan sgala keterbatasannya… :)

Inspirasi karya kali ini di ilhami oleh mimpi...

Apa jadinya dunia ini tanpa mimpi?
Mimpi selalu dikaitkan dengan sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang didambakan, atau suatu cita2 yang sulit untuk dicapai, tapi suatu keajaiban tak akan pernah terjadi jika manusia tidak berani memiliki impian.
Einstein menemukan teori atom, dari "impiannya" mengenai vektor berdimensi 4. dan dalam ilmu aritmatika pun akhirnya dikenal bilangan "imajiner" (atau nilainya sama dengan akar dari -1), memang tak dapat dijelaskan dengan logika, namun akhirnya menjadi sesuatu yang dahsyat, reaksi atom, energi nuklir, bahkan bahaya senjata pemusnah massal
. Contoh lain, tak mungkin tercipta pesawat, bahkan manusia bisa terbang ke bulan jika tak berawal dr sebuah mimpi...

yach... luar biasa dimensi sebuah mimpi...

Kembali ke karya…
Poster manual kali ini aku beri judul “Impian Mobil Masa Depan”

Siapa yang tak ingin punya mobil pribadi yg mewah? Saya yakin kamu juga menginginkannya bukan?

Namun jika smua orang di belahan bumi ini punya mobil mewah, apa jadinya dunia ini…?

Dalam konteks pemanasan global, berapa emisi gas karbon yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor tiap harinya? mungkin bisa berton-ton dan tertahan di lapisan ozon, yang mengakibatkan efek “rumah kaca” salah satu penyebab pemanasan global.

Di lain pihak, aktivis lingkungan gencar mengkampanyekan budaya menanam seribu pohon, namun di lahan yang sempit dan semakin berjubelnya tempat tinggal manusia di muka bumi ini, bagaimana kita mau menanam pohon?

Impian untuk membuat taman di samping rumah terbentur kendala lahan yang sempit. Bermimpi buat seperti taman brgantung Babylonia? Kayaknya kamu harus jadi raja sperti Nebukadnezar dulu deh, he.. he.. mau buat Terarium? Bagus seeh! tp tak lebih dr aspek estetika saja yang menonjol…

Lalu bagaimana jika berbagai kontroversi di atas dikompilasikan?

WOOOW…!!! taman di atas mobil pribadi n angkutan umum? Teknologi ramah lingkungan bukan? :))

Dari inspirasi n imajinasi di atas, Balbo ‘wakilkan’ dalam visualisasi gambar naif dalam poster; empat orang dalam sebuah angkutan umum, 3 diantaranya sebagai pendukung pesan merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sekitar bus tersebut, sementara “aktor utama” bertubuh agak gempal tertidur dengan lelap sambil tersenyum dengan “Impian Mobil Masa Depan”

Taukah anda tanaman apa yg aku visualisasikan di atas mobil tersebut?

adalah sejenis sanseviera, tanaman yg jaman dulu “terpinggirkan”, ternyata kini naik daun karena diketahui berkhasiat menyerap polutan, dan mampu menetralisir asap kendaraan bermotor.

ya… semoga taman di atas mobil kelak bukan hanya mimpi belaka…. Amin

Sebagai penutup… mengutip dr syair Jallaludin Rumi…

Pandanglah langit, tataplah angkasa
Terbangkan layang-layangmu, seperti halnya kau terbangkan seluruh impianmu…
Tapi ingat! Pegang erat benangnya
agar kau tak kehilangan arah dalam menggapai hasratmu...

So.. Apa impian yang ingin kau wujudkan sodara?

Tanamkan dalam jiwamu dan PERCAYALAH… coz u’r dream become true...


10 komentar:

Wawan Rindasmara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BadVektor mengatakan...

Gud job bro. Semoga menang dweh. Kalo menang jgn lupa traktirannya ya.... Hehehee

HELOGUNO: VISUAL ARTIST, JAKARTA - INDONESIA mengatakan...

keren euy.. ide anda sangat gila! mudah2an bisa terealisasi.. smua mobil ada pohon diatasnya.. mudah2an bisa jadi penyeimbang dari kadar karbon yang dikluarkan knalpot kendaraan.. selain itu mobil2 jadi pada ga bisa kebut lagi kan, karena klo kebut tanamannya pada jatoh smua, tapi alangkah baiknya lagi disetiap gedung ada tanaman nya juga kali yak..

ini buat lomba yak?
lomba apa??

bravo lah!

JONGJAVA mengatakan...

weleh.....weleh...........
maju terus bro..........

ugoonc mengatakan...

kata 'anda' ki sing bener Anda
[maklum kebisaan ngedit naskah, weruh kui hawane meh misuh2].
dr slogane, brti mang satu saat kelak nek iso terealisasikan ya mimpine kui..
tp hal pertama sing ta pikir ndelok gambar mimpine.. tanemane kui opo ra ngganggu penglihatan para pengguna jalan? misale wong tuo ng bis, meh mudun arep ndelok 'ki tekan ndi yaa..' dadi kadangan tneman ng nduwur mobil sebelahe bis.
brti kan ono nek ngunu kudu ono regulasi baru, trus mungkin rd ngubh sistem transportasi jalan.
halahh.. malah tekan ngendi2..
trus suasana nang bis kurang ngesanke nek udarane kotor. kudune ono gambar asep kendaraan yoo.
proporsi teks-e kurang gedhe sithik , dadi kesane isih rd terpepetkan kr gambare.
akeh men yaa.. aku dewe bingung,
tapi jenenge ngimpi ya ngimpi.
wes pokoke, ndonga wae ben sing iki menang.
hehee..

Okta Sihotang mengatakan...

waiting for it !!
Hhhmm..kapan ya ??

afrar mengatakan...

aku suka style drawingnya...tapi kok kurang sreg dengan visualisasinya... ya....kurang gimana gitu....terus dari idenya ke visualisasinya kurang mantab bro...kurang terinfo kan mungkin....kalau langsung liat posternya, yang terasa orang ketiduran dan bermimpi mempunyai mobil...la terus pesan lingkungannya dimana?.....semoga berkenan ya...sukses aja

yaqiendesign mengatakan...

great!!

good job guys, and always success!

and i always say "show our design to the world"

it's a must, express and explore your creatifity

crying_eyes mengatakan...

gawe sing okeh john...! gek mengko didol neng luar negri,tapi ojo lewat BEA CUKAI!!! mbayar pajeke larang, dho ngawur je le nariki Pajek!!!

Anonim mengatakan...

Sebagai pecinta berat penghijauan, saya KECEWA BERAT sama kondisi alu-alun lor Jogjakarta. Panase ora ketulungan!! Ini karena disekitar alun-alun tidak ada pohon peneduh yg rindang. Adanya cuma pohon palm kecil-kecil. Bantu aku mas, pemerintah jogja di"provokasi" agar sekitar alun-alun ditanami pohon yg besar-besar spt: beringin, mahoni, trembesi dsb biar edem & enak buat jalan-jalan. Tur nuwun mas...