Kamis, 06 November 2008

RhinoCare Desain Contest


Poster ini dilombakan untuk mendukung Program RhinoCare, WWF-Indonesia yang diselenggarakan di http://rhinocare.info, Publikasi di Zibalbogallery sengaja file dikecilkan untuk melindungi hak cipta. Sembari menunggu desain siapa yang menjadi nominator pada kompetisi tersebut serta untuk mendukung program kampanye RhinoCare, Joni Balbo mengajak anda untuk memahami lebih dalam dari pesan poster tersebut.

Poster tersebut Joni Balbo beri judul “Rhino Puzzle” adalah bentuk penerjemahan dari tema lomba “Bergabung bersama kami untuk melestarikan Badak Indonesia”, yang intinya mengajak orang untuk memberikan donasi sebagai bentuk turut serta melestarikan badak Indonesia.

Inspirasi poster diambil dari puzzle bergambar potret badak yang belum sempurna dan uang dengan berbagai nilai nominal berada pada sisi puzzle sebaliknya.

Seperti kita ketahui konsep puzzle adalah konsep teka-teki, kecerdasan dan pengorbanan, jika kita kontekskan dengan tema lomba; untuk “membentuk badak yang sempurna” diperlukan turun tangan dari seseorang yang peduli, yaitu dengan cara membalikkan puzzle “sisi uang” yang masih berserakan kemudian memasangnya pada tempat yang seharusnya. Dengan tagline “Donasi Anda Menyempurnakan Kelestariannya” memperkuat dari pesan dan tema yang dimaksud.

So.. mari berapresiasi dan bergabung dalam Program RhinoCare, kepedulian Anda ikut melestarikan badak Indonesia…

10 komentar:

Bazoekie mengatakan...

salut kang, konsep yang simpel namun dalam. moga menang.
selalu semangat berkarya aja..
cheers...

Anonim mengatakan...

thx bazoeki, benar sekali apresiasimu; memang konsep poster yang Joni usung kali ini "tidak berat" moga bisa dipahami semua lapisan masyarakat n program RhinoCare benar2 mengena. Amin

Anonim mengatakan...

sesuai dengan fungsi & karakter dari media poster itu sendiri dominasi ilustrasi gambar & ketepatan olahannya membantu dalam mengikat pesan kepada audience,..yang trpenting adalah ketajaman tagline yang mengikuti konsep gambar yang divisualkan...
kalau memang pesan yang disampaikan bahwa satu2nya peran yang dibutuhkan dalam melestarikan badak tersebut dengan cara memberikan donasi,..maka puzzle sebagai obyek komunikasi pesan masih relevan dengan tema yang dilombakan. Tapi boleh juga diekplore lagi konsep visual yang menggugah kesadaran audience. coba jika obyeknya dibuat celengan badak dipadu dengan foto kepunahan,..atau ..gambar uang dengan maskot gambar badak,...dulu rasanya ada mata uang indonesia bergambar badak,..dll.

sekian dulu koment ku,..semoga diterima dengan hati kemenangan.

Anonim mengatakan...

thx to toioz;
apresiasi yg cerdas dengan tambahan ide yg briliant pula. usulan yg bagus dengan mengambil konsep celengan dengan penggabungan foto kepunahan badak, tp Joni juga punya persepsi yg lain; dengan konsep seperti itu tantangan proses eksekusi tentu akan lebuh sulit lagi, dan juga aku punya pemaknaan; celengan memberi konsep "uang kecil" meski tidak ada salahnya donasi dengan nilai nominal uang recehan.

untuk ide uang dengan maskot gambar badak, perlu dipikirkan lg proses eksekusi dengan pengendapan yg lebih dalam lagi dan tentu saja dengan tagline yang matang pula. tp sekali lg thx untuk kepedulian n apresiasinya, komentarmu akan merangsang ide2 cemerlang bagi pemerhati desain dengan konsep perlindungan badak Indonesia. Semoga...

Ali Masadi mengatakan...

Konsep Puzzle yang bagus.. tak doakan menang...

Ali Masadi mengatakan...

aku mung melu seneng yen awakmu menang... iso intuk duwit okeh...
jolali bagi bagi koncone... he..he...
dolan mrene nggowo jajan sing enak yo.... he...he...

Anonim mengatakan...

wedew... komentnya.. tp thx ya doanya, besok kl ada rejeki lg, kl ke Semarang Joni tak mampir.:) thx

febru art gallery mengatakan...

konsepe aqpik...sipp
sayangnya aq gak tahu kalo ada lomba pelestarian badak, masa racun badak gak ikut andil...hi hi hi....
sukses dab...
juara terus nih kayaknya...

Anonim mengatakan...

wah badaknya keren tuch :)

Anonim mengatakan...

#febru;
thx bul untuk apresiasinya... sorry kemarin aku gak sempat kasih kabar ke kamu, coz aku tau lomba itu juga dah mepet. kemarin aku juga hampir gak ngirim. Ok, thx untuk doanya...

#acy;
thx acy... moga2 qt semua tambah keren juga:) amin