Senin, 09 Februari 2009

Besek Jaga Bumi


Mungkin bagi sebagian pengunjung
Zibalbogallery, judul postingan di atas terdengar hiperbola… dan memang, karya ini tak sehebat dan seberuntung dari karya para pemenang kompetisi Gagas Awards 08, “PSA-Kurangi Penggunaan Kantong Plastik” dari harian Bisnis Indonesia.

Dari karya ini, Joni Balbo-pun menyadari proses eksekusi yang kurang maksimal dikarenakan... ide didapat saat hari-hari terakhir dan alasan; tidak ingin melewatkan sebuah kompetisi desain, akhirnya ya.. beginilah jadinya…: )

Pada iklan gagas award tersebut, Joni Balbo mengusung tema tentang “besek” (bungkus tradisonal dari anyaman bambu).
Besek merupakan pembungkus tradisional yang ramah lingkungan dengan bahan baku yang mudah didapat di negeri ini. Pada masyarakat pedesaan khususnya budaya Jawa, bungkus besek identik dengan acara hajatan/selamatan, meskipun kini penggunaannya mulai tergeser dengan hadirnya kardus. Selain itu, jika masih digunakan besek selama ini hanya terbatas untuk membungkus oleh-oleh makanan khas suatu daerah.

Dalam ide iklan ini Joni Balbo berupaya menawarkan pilihan bahwa besek bisa digunakan sebagai pengganti pembungkus plastik di Department Store. Dengan tagline “INI BUKAN ACARA SELAMATAN, tapi upaya menyelamatkan bumi dari kerusakan” memperjelas konsep dan pesan yang dimaksud.

Meski belum beruntung, itung-itung ikut mengasah kemampuan diri dan ikut bangga duduk dalam sebuah perhelatan dengan “hiu-hiu periklanan” dan orang-orang kreatif dari seluruh pelosok negeri ini.

Mungkin Anda ingin berkomentar dari iklan yang Joni Balbo ciptakan di atas?
Thx atas apresiasinya…

8 komentar:

Anonim mengatakan...

"ide bagus tu beseknya:)"

leodhito

Joni Balbo mengatakan...

#leodhito;
thx atas apresiasinya bos:)

aris mengatakan...

salam bounty hunter hehe he..

karena masnya yg minta maka ijinkanlah saya mengomentari karya anda, walaupun saya bukan pemenang, cuman satu dari 30 nominasi. :)

memang scr kaidah seni periklanan ada banyak faktor yg membuat suatu iklan dikatakan bagus. tapi untuk tujuan menang dalam lomba sebagian idealisme harus ditinggalkan. jadi mari kita buat iklan yg bagus "ala gagas award" (ini berdasar survey subyektif saya loh).

stelah mempelajari kecenderungan juri dr pemenang tahun sbelumnya, kbanyakan iklan yg dipilih cuman punya satu point of interest; satu obyek dan satu pesan. mereka tidak memilih karya yang pesannya tersebar disetiap sudut iklan, karena itu hanya akan menimbulkan bias (semacam kassa jaga bumi). jadi kita harus mempertahankan bahwa pesan kita memenuhi 75% dari ruang iklan (atau sebaliknya apabila anda memakai teori kontras). dan itu berlaku pula untuk pilihan foto anda, jangan sampai ada obyek lain yg warna/ukurannya lebih dominan dr obyek utama anda (misal warna baju penjual, warna merah baju dmeja, yg lebih dominan dr beseknya)jadi pesan gambar yg anda sampaikan tidak berebut dgn obyek lainnya.

ini masukan saya, jelas subyektif dan jauh dari teori sekolahan, smoga berguna. scr konsep besekmu sbenarnya bisa disejajarkan ama konsep daun pisang. cuman kalah visualisasi aja. ini karya saya kalo mo liat..
http://www.arisdanar.com/gallery/displayimage.php?album=7&pos=37

tetep semangaaat yaa..

Anonim mengatakan...

Wew semuanya pada hebat2!!!!!......adietsign

Joni Balbo mengatakan...

#aris;
Salam bounty hunter juga…

Ok, thx atas apresiasi n masukannya, memang Joni pribadipun dalam karya ini merasa eksekusi kurang maksimal dengan menggunakan talent n properti yang seadanya, maklum bos karya ini aku buat dua hari terahir sebelum deadline… biasalah ide keluar saat hari-hari terakhir He.. he…

Skali lag thx atas koreksi n masukannya, ok nanti Joni gantian berkunjung ke blognya mas aris

Semangat! Insyaallah pastinya

#adietsign;
Thx bos, untuk apresiasinya…

themunir mengatakan...

karya para pemenang memang bagus-bagus idenya...memiliki makna yang luas, juga dengan eksekusi yang tepat! meski saya juga belum beruntung..hehe! tetep semangat!!
coment to karya balboart, pada idenya untuk menawarkan pilihan besek sebagai pengganti plastik di deptstore: akan memerlukan beaya produksi kantong yang jauh lebih mahal mas..juga kurang praktis! belum lagi beseknya malah dikantongi dengan plastik agar ringkas menenteng! proses jual beli/akting dengan besek akan seperti penyerahan hadiah! meski penggunaan plastik tidak terporsir pada depstore! tapi idenya balboart bagus, sederhana dan tepat dengan tema!
hanya karya pemenang pertama (kategori umum) saja yang berkonsep mengatasi masalah, seperti pada konsep Besek di atas! sedang yang lain mengedepankan unsur akibat!
Masukan ya dab! seperti bung Aris, juga subyektif!
maju terus tetap berkarya!

Joni Balbo mengatakan...

#themunir;
Yup, karya pemenang memang bagus, meski banyak yang memrotes… he.. he… biasalah tipikal orang Indonesia, kl kalah mencaci…:)
Dirimu ikut juga ternyata? Ya.. mg lain waktu kita bisa lbh hoki. Amin

Untuk tanggapanku tentang apresiasimu; Sebetulnya untuk menenteng besek, dr iklan tersebut tidak harus dengan plastik lg bos, Joni mencoba menawarkan dengan tali dari bahan alami yang berfungsi sebagai penguat dan jinjingan besek.

Seperti penyerahan hadiah? He he.. bisa diterima bos :) memang bentuk besek kotak, seperti bungkus kado/hadiah, otomatis cara memegang/menyerahkan dari satu orang ke orang lain, entah itu akting atau kenyataan memang terlihat seperti penyerahan “hadiah”, tp bukankah menyerahkan sesuatu dengan cara seperti itu terlihat lebih sopan? He he..

Yup! Memang kenyataan di lapangan, untuk menemukan solusi pengganti plastik ke media lain masih sulit, itu terlihat dari karya kebanyakan para pemenang lebih menonjolkan akibat, bukan sebuah solusi yang benar2 bisa diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan. Tp ide mereka memang cemerlang…

Subyektif ataupun obyektif, pokoknya thx bgt atas apresiasi Sodara2 smua, mau mengapresiasi karyaku, bagiku sudah kemenangan tersendiri…

Insyaallah terus berkarya…

themunir mengatakan...

ok..sip! tetap semangat!!