Kamis, 16 Oktober 2008

Desain Logo Departemen Sosial Republik Indonesia

Pengumuman pemenang Sayembara Logo Departemen Sosial RI menurut jadwal akan dipublikasikan panitia di http://www.depsos.go.id/ pertengahan bulan Oktober ini... dan itu berarti tinggal menghitung hari… sembari tebak-tebak buah manggis menunggu kabar desain siapa yang akan terpilih sebagai jawaranya, Joni Balbo publikasikan di Zibalbogallery, 2 buah desain Logo DEPSOS jagoanku untuk kompetisi tersebut.

Konsep;
Kesejahteraan sosial oleh dan untuk semua.

Inspirasi;
Matahari terbit dengan 9 sinar terangnya; terdiri dari 4 sinar pendamping dan 5 sinar utama yang menyinari gugusan kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Makna;
… karena dalam masa “penantian” untuk makna Joni Balbo serahkan kepada para apresiator… :) mungkin Anda punya persepsi yang beragam tentunya...

Btw,.. namanya juga kompetisi, ribuan desain di luar sana Joni Balbo yakin jauh lebih keren-keren, jika bukan karena mukjizat dari Allah, melalui perantara juri tentunya… kecil kemungkinan untuk dapat memenangkannya, yah.. namanya juga usaha… semoga desain kali ini dapat memenangkannya… Amin. Jika belum juga beruntung, yang penting terus berburu dan meramu tak pernah jemu hingga ujung waktu…:)

=====================================================================
Kamis, 2008 Oktober 29
Update makna
Pengumuman pemenang sayembara logo Departeman Sosial RI telah di upload panitia di http://www.depsos.go.id/ tgl 27 Oktober lalu, jadi sepertinya update penjelasan makna dari desain logo kreasiku pada postingan ini bukanlah hal yg terpenting lagi... tp bagi Joni Balbo ada hal yang lebih penting untuk dipelajari & dimaknai sebagai pengalaman berharga..., mendengar kabar sms dari Yaqien; ada kejutan perasaan kecewa, gemes, salut & bangga. Gemes & kecewa karena desain logo jagoanku belum juga memikat para juri yang terhormat, meski ”kalah di tangan & pandangan juri” tapi ada perasaan salut dan bangga... bagaimana tidak? ternyata orang yg selama ini sering aku ajak chating n sharing desain; si Husni Mu’arif menjadi satu diantara 3 orang yg paling beruntung menyisihkan 556 peserta lainnya. Wah2... salut lah bos.... (aku tau persis logomu seperti apa... he.. he... memang keren kok!:) sepertinya untuk hoki Joni memang belum sehoki dirimu... yah moga saja keberuntunganmu akan segera merembet padaku.. Amin.

Untuk sobat Yaqien Design, thx untuk smua info di blog n smsnya, juga untuk logomaniax lainnya, sepertinya kita (khususnya Joni Balbo pribadi) memang harus mengobarkan semangat berburu yg lebih garang, serta mengasah tombak kreativitas lebih tajam lagi, agar hasil ”buruan” lebih tepat n tembus sasaran.

Tapi ada mistery yg tak pernah bisa kita pahami, jodoh & rejeki, menang kalah semuanya sudah ada yang mengatur, kita hanya bisa berusaha dan terus berusaha maksimal, hasilnya Dia-lah yang menentukan... ya.. semoga kita semua bisa lebih bijaksana...

10 komentar:

heloguno mengatakan...

kyk jepang matahari terbit..
hhe..

yaqiendesign mengatakan...

mantep! cerah dan ceria.

tapi mas buletan untuk bumi dalam logo yang kedua, sepertinya kurang luwes, apa monitor komputerku yah? hehe,

mantab!

Nusantarathropus wongndesonensis mengatakan...

Another side of you, Zibalbo!
Alias sisi lainmu muncul. Kesannya agak hati2 ya?
Sama, aku kalo disuruh desain instansi pemerintah jg ati2 (kata lain dr konservatif), mengingat kt berhadapan dengan pihak yang "kurang akrab" dengan cipta/rasa/estetika desain. Tapi inilah yg bikin asyik tantangannya.
Gimana caranya kita bisa membuat benih2 indra-cipta/rasa/estetika pihak yg kurang akrab itu "terguncang", n jd berminat, hehehe. Tp, pihak itu jg harus punya kepekaan n keterbukaan pikiran menerima pembaruan.
So, mari kt sama2 deg-degan nunggu pengumumannya. Moga2 sampeyan menang ya.

Anonim mengatakan...

saya ngga tahu warna dari depsos, semoga kuning. karena kalo tidak, menurut saya warna kuning terlalu childess. dan biasanya lembaga pemerintahan itu normatif konvensional.

kalo milih aku cenderung suka yang atas.
hehhehe

gila produktivitas yang tiada henti

saluut
kedaikebun

zibalbo mengatakan...

thx to semua apresiasinya;
#heloguno;
kl merah smua itu br bendera jepang, ini kan beda:)

#yaqien;
logo DEPSOS di blog ini adalah "versi trialnya" n dah aku kecilkan, mungkin bulatan bumi kedua terjadi efek distorsi. Tp kl logo "full version" yg untuk panitia lebih cerah n bulat penuh kok:)

#wongndeso..;
kl dibilang sisi lain mungkin bisa iya bisa tidak, tp aku punya konsep sendiri; didalam mnghadapi setiap individu kita harus punya perlakuan yg beda, sama halnya ktika kita menghadapi sbuah instansi.
Sebetulnya sekarang pihak yg kamu anggap konserfatif sudah mulai terbuka kok, liat aja beberapa logo pemerintahan mulai terlihat modern n punya orientasi ke "masa depan". Joni yakin habis ini akan diikuti departemen2 yang lain pula... semoga aja mereka mengganti logo dengan cara mengadakan sayembara juga, tentu biar kita bisa ambil bagian di dalamnya..:)
Ok mari deg-degan bareng2 biar guncangannya sampai menggetarkan seluruh negeri ini.. :))

zibalbo mengatakan...

#anonim kedai kebun;
warna logo depsos yg lama biru & kuning. sebenarnya desainku juga "menurunkan" dr warna logo lama, tp Joni coba mngemas dengan style yg "fresh", kl kuning dibilang kekanakan ada benarnya, tp dimana dulu dong tempatnya? kita harus pinter2 mengkombinasikan dengan warna yg lain, Joni dah mencoba dengan mnggabungkan dengan warna oranye (kuning emas), maksudku mewakili konsep friendly n sosial.
kl u milih yg atas boleh2 saja, krna Joni pribadipun mendesain dan memaknai 2 desainku masing2 punya kelebihan n kekurangan.

yup Produktif, insya Allah itu pasti...

nothing mengatakan...

sing gambar atas apik mas, cuman warnanya aja kurang kuat...
mataharinya itu loh kuning polos, kurang kuat
tapi terlepas dari itu, eksekusinya bagus

zibalbo mengatakan...

thx nothing:) ini versi trial kok, yg untuk panitia full version kok, jd keliatan lebih fresh n cerah:)

ekko mengatakan...

dah ada pengumumannya... husni menang lagi sepertinya...

zibalbo mengatakan...

iya benar mas eko, itu si husni yg kukenal. wah salut lah, sepertinya soal hoki, joni blm bisa mengalahkan husni.. ya moga sj kberuntungannya merembet ke desain logoku lainnya juga.. Amin