Sabtu, 12 Januari 2008

Desain Logo ICAAP IX


Gambar diatas adalah desain saya tentang logo ICAAP IX yang baru saya lombakan :)

Adapun konsep logo adalah primitif, simpel dan semi formal, sedangkan filosofinya secara gamblang sebagai berikut;

Penyelenggaraan Konferensi Internasional AIDS se-Asia Pasifik ke-9 (ICAAP IX) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 Agustus 2009 di Indonesia merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi kita. Indonesia yang identik dengan budaya timur yang kaya akan kebudayaannya, seyogyanya dipromosikan bersamaan dengan event tingkat dunia tersebut. Salah satu hasil kebudayaan yang unik antara lain seni ragam hias Nusantara. Pada lomba desain logo ICAAP IX, saya mengambil konsep nuansa etnik tradisional Indonesia, yaitu seni hias Meander (motif hias berbentuk aliran sungai yang berkelak-kelok), motif ini banyak dijumpai pada relief candi, pura, hiasan masjid, rumah tradisional, batik, tekstil, tembikar, bejana perunggu maupun barang-barang kerajinan lainnya.

Meander mempunyai filosofi bahwa dalam kehidupan selalu penuh dengan lika-liku, seperti layaknya air yang mengalir dari hulu hingga hilir. Namun meander juga memberikan makna optimis, kreatif, gigih dan pantang menyerah, karena air yang mengalir dari puncak gunung pada akhirnya akan sampai juga di samudra yang maha luas. Demikian juga manusia (penderita AIDS & organisasi yang peduli terhadap penanggulangan HIV & AIDS) dalam mencapai suatu cita-cita (memerangi virus tersebut) harus selalu optimis dan pantang menyerah seperti layaknya perjalanan sebuah Meander.

Pada lomba desain logo ICAAP IX, Meander tersebut berjumlah 9 buah dan digambarkan saling mengait sehingga membentuk roda rantai yang mengelilingi peta bumi (kawasan Asia Pasifik). Roda rantai Meander tersebut juga membentuk “Gong” yang berada di atas “altar” bernama ICAAP IX.

Jumlah Meander 9 buah yang saling mengait dengan erat. Dalam filosofi Jawa angka sembilan adalah angka yang sakral, angka tersebut dalam sengkalan (tahun saka) disimbolkan dengan kata-kata yang mempunyai arti dewa, bunga dan benda-benda yang berlubang atau terbuka. Kata-kata pada sengkalan yang biasanya digunakan untuk menyatakan angka sembilan diantaranya kata; wiwara (lawang; Pintu), gapura, trus (terus), ambuka, makaring, sekaring, puspa, kusuma, kembang, dan ngarumake (mengharumkan), jika kita kaitkan dengan konteks logo ICAAP IX di atas, 9 buah Meander membentuk 9 mahkota bunga (kusumo), yang diharapkan dari logo tersebut sebagai simbol “Dewa Pintu” yang akan membuka jalan dan memberi pencerahan, serta dapat menciptakan keharuman ICAAP IX di Bali (Indonesia), khususnya dalam menangani masalah AIDS di kawasan Asia dan Pasifik. Jumlah Meander 9 buah, juga dimaknai sebagai tanda peringatan ICAAP IX diselenggarakan ke-9 kali dan dilaksanakan pada tanggal 9 bulan Agustus 2009, jadi dalam logo ini angka sembilan adalah angka yang sangat istimewa.


Mata rantai Meander berwarna hitam, putih, dan merah yang saling mengait dan sambung-menyambung sebagai suatu jalinan langsung. Tiga warna Meander dimaknai sebagai; Merah adalah orang/organisasi yang peduli terhadap AIDS, Putih sebagai orang bukan penderita AIDS dan hitam sebagai penderita AIDS, hendaknya saling bekerja sama dalam menangani masalah AIDS. Secara universal 3 warna pada Meander tersebut juga dapat dimaknai sebagai; pentingnya kerjasama regional, nasional maupun internasional dalam penanggulangan HIV dan memerangi penyebaran AIDS.

Jika kita amati secara detail; gabungan dua buah Meander akan membentuk kaligrafi huruf aIDS, gabungan setengah Meander dan dua buah Meander akan membentuk huruf icAaP, jadi antara AIDS dan ICAAP itu sendiri secara langsung terukir dan tercermin pada logo Meander tersebut.

Gabungan 9 Meander yang mengelilingi bumi tersebut juga membentuk “GONG” yang menandakan budaya tradisional Indonesia. Gong dianggap alat kesenian yang menentukan dalam setiap kesenian tradisional. Tanpa gong, seni tradisional itu akan terasa hambar, misalnya dalam pergelaran wayang, bunyi gong mempunyai pengaruh besar, dianggap keramat dan punya daya tarik positif. Logo “Gong ICAAP IX” inilah sebagai peringatan ICAAP IX di Bali yang diharapkan dapat menyatukan seluruh umat manusia di dunia dalam menangani masalah HIV dan AIDS.

Logo Meander tersebut selain membentuk rantai, roda berputar, mahkota bunga, dan gong, ia juga dapat dimaknai sebagai simbol Perisai yang berarti pertahanan dan keampuhan; yang diharapkan ICAAP IX dan organisasi ASAP (AIDS Society of Asia and the Pacific) sebagai sebuah organisasi yang mampu menaungi segala problematika yang berhubungan dengan AIDS di kawasan Asia Pasifik.

"Gong Meander” berada di atas sebuah “altar” yang menyerupai rumah adat Minang yang terbentuk dari susunan teks ICAAP IX, menggunakan huruf yang bergaya etnik (penyederhanaan motif Meander), selain sebagai satu kesatuan yang utuh dengan gambar, teks tersebut juga simbol arah yang ditegaskan dengan dua buah gambar negatif yang membentuk panah dua arah, panah pertama pada spasi antara pita merah dengan huruf I bagian kiri dan panah kedua pada spasi antara I dengan X bagian kanan, yang diharapkan dalam penanggulangan AIDS ini selalu ke berbagai arah, pemilihan warna biru selain sebagai kesatuan dengan warna pada peta dunia, warna ini juga memberi pemaknaan mengglobal.

Pita merah (logo AIDS sedunia) sebagai lambang organisasi jaringan Internasional yang peduli terhadap AIDS, pita tersebut suatu tanda peringatan yang terus-menerus, suatu lambang yang akan mempersatukan banyak suara yang mencari tanggapan penuh arti terhadap wabah AIDS yang meluas di seluruh dunia. Merah adalah warna yang menunjukkan semangat dan menarik perhatian juga menunjukkan keinginan besar.

Line berwarna hitam pada bagian bawah, selain sebagai estetika yang mempertegas dan membentuk dimensi teks di atasnya. Bagian bawah line ini berfungsi sebagai keterangan waktu dan tempat penegas dimana konferensi ICAAP IX berlangsung.

Teks
International Conference on AIDS in Asia and the Pacific menggunakan font jenis Arial berwarna biru yang membentuk roda melingkari 9 Meander yang mengelilingi peta Asia Pasifik, selain sebagai penjelas identitas logo, teks dan warna biru juga memberi makna perdamaian dan kerjasama antar bangsa dalam sebuah konferensi global.


Pemilihan empat warna; Merah, Biru, Hitam dan Putih, memiliki pemaknaan; Merah, identik dengan lambang AIDS dunia, biru sebagai warna kerjasama dan perdamaian dunia, sedangkan Hitam dan Putih (kain poleng) merupakan warna yang identik dengan konsep & filosofi keseimbangan pada masyarakat Bali.

Secara keseluruhan logo di atas sebagai tanda peringatan (Gong) yang menekankan pada pentingnya kerjasama kawasan Asia Pasifik dalam menangani masalah HIV dan AIDS dalam sebuah konferensi global yang akan dilaksanakan di Indonesia (Bali) pada tanggal 9 - 13 Agustus 2009.

Demikian filosofi secara mendalam dari desain logo ICAAP IX yang baru saya lombakan, silahkan berikan komentar n doakan semoga menjadi yang terbaik! Doakan juga semoga selera jurinya sama dengan selera desain saya..:))

Trimakasih untuk yang mendoakan dan yang memberi komentar, smoga kesuksesan & keberuntungan selalu menyertai kita yang pantang menyerah! Amin....

14 komentar:

Suharjono mengatakan...

Pertama kali liat logonya kesan pertama warnanya keramean, trus kompleks jadi orang jadi susah untuk gampang inget kalo logo itu logo aids.. Overall bagus.. terusterang saya sendiri belum tentu bisa buat logo seperti itu.

Kalo ada lomba logo lagi informasikan ke saya ya....

ekko mengatakan...

hmmm mungkin soal referensi juga sepertinya perlu mas. dalam tahap awal, referensi itu perlu untuk tahu, dan mengasah sensitifitas kita, mana logo yang bagus, berkarakter, dan mana logo yang biasa aja. dalam tahap berikutnya, referensi itu bisa digunakan sebagai tolak ukur. artinya jika logo konferensi rata-rata seperti itu, berarti kita harus bikin yang berbeda. yang lebih bagus tentunya.
untuk referensi mungkin mas balbo pernah ke:
www.logolounge.com
www.logopond.com
www.rajasandhu.com
www.desaingrafisindonesia.wordpress.com
www.loucee.com
kalau soal branding, bisa sedikit baca-baca di:
www.landor.com
www.wolffolins.com
atau searching di gugel deh...

zibalbo mengatakan...

Wah mas! trimaksih banyak untuk apresiasi n masukan-masukannya :D

nico wijaya mengatakan...

hai mas balbo, sori baru maen kesini. keren2 juga karya2 sebelumnya.
wah iini logo utk lomba itu ya...
bagus, tapi masih belum pas aja saya negeliatnya. meander merah putih. perpaduan warna biru, merah, putih dan hitam. kjesannya kaku mas. enaknya sih kalo dapet yang pas, luwes n fleksibel. tapi ya itu agak susah. saya aja belum tentu bisa.
hehe... maaf neh dateng2 komen panjang lebar.
hidup kreatifitas!

Anung_Rabbit mengatakan...

kalo gwe pribadi..cenderung lebih suka poster yang dibuat berdasarkan foto atau ada unsur human interestnya, kayaknya lebih kena aja pesannya.Tapi yang ini juga not bad lah.. Ayo Berjuang!!

Dono mengatakan...

Wah lieur logonya....terlalu banyak pernak pernik...pengalamanku kalo yang menang justru yang simple2....

aprie mengatakan...

boleh juga tuh desain logonya, sangat teliti dalam pencarian kata dan makna yang terkandung sehingga logo memberikan sebuah arti yang memberikan spirit

rendy mengatakan...

karya yg bagus,simple n berarti bagus walaupun sederhana tp cukup menarik terus lah cari ide2 dan lebih lg gali potensi kreatifitasmu okey bro? GBU

adhietslank mengatakan...

jangan Pernah Bosan Untuk Terus Berkarya Sampai ajal menjemput kita, Good Luck Bro :)

Rossonerri mengatakan...

good.....bagus mas.....ak jg g bakalan bisa buat yg spt ini heheheh.
tp terlalu ribet, susah di inget.dari segi arti memang sangat bagus.kl sesipmle logo kayak logo aids sendiri kan hanya sekedar pita sperti itu,tp siapa yg g kenal logo aids????simple,mudah diinget,mudah dikenal.

Endar Wardhana mengatakan...

Salam kenal dab...

Desainnya terlalu rame dan konservatif sih, trus kesannya kaku lho. tapi inspiratifnya oke koq! sekarang trend logo event lebih minimalis dan tetap made to stick.

yaqiendesign mengatakan...

hallow balbo,

bosz gmn? dah dpt pengumumannya lom? kalo yang gw tau seh pertenganhan februari imi, moga aja logo yang kita kirimkan jadi salah satu pemenang

ok, bosz!

bosz kalo punya informasi lomba lagi, kasih tau gw yach, gw juga seneng kok ngasih informasi lomba, terutama gw tulis di blog gw,

informasi lomba

thanks and success

yaqiendesign mengatakan...

neh mail gw, h_yaqien@yahoo.com

dah di add di YM, thanks ya,

jo ada kasus baru neh, sama tentang hadiah juga, tapi yang satu ini lebih sopan, mereka ngirim email ke gw, kalo pengiriman hadiahnya terlambat, karena soal jarak dan waktu,

yah, biasa lah, tapi gw sih biasa aja, asal mereka komit ama janji yang dah mereka buat,

ok terus berkarya dan sukses selalu

hallow, mau tukeran link gak?

Anonim mengatakan...

halloo brooo..menurut gw terlalu full color man,klo bsa agk kulture natur sedikit jd kesannya gk terlalu rame...dan lain kali loe bikin design yg ada sentuhan2 tradisi n budaya jogja...