Sabtu, 14 Maret 2009

Parade Poster Karya Siswa SMP N 9 Yogyakarta

Di dunia maya, mengikuti berbagai kompetisi desain poster dan logo serta mengelola Zibalbogallery, bagi saya adalah aktifitas sampingan untuk terus mengasah kreativitas, tantangan, sekaligus hiburan yang menyenangkan. Namun di dunia nyata; provesiku sebenarnya adalah menjadi pengajar, untuk mata pelajaran Seni Rupa dan Desain di SMPN 9 Kotagede Yogyakarta, salah satu sekolah favorit di kota pelajar & kota budaya.

Beberapa minggu lalu, saya mengajarkan murid-murid tentang pembuatan poster dengan berbagai tema, teknik dan media; baik digital, manual serta collase. Sebagai bentuk apresiasi saya terhadap hasil kerja keras dari semangat belajar mereka, pada postingan istimewa kali ini, saya publikasikan karya-karya terbaik anak didik kelas 8 dari Kota Perak Jogja di Zibalbogallery dicipta Pencipta untuk mencipta…


Meskipun belum sepenuhnya “sempurna”, sebagai gurunya saya sangat bangga atas hasil kreativitas karya poster anak-anak Spelanta (SMPN 9 Yogyakarta).
Bagi Anda pengunjung Zibalbogallery, dengan hormat saya meminta apresiasi dari Anda semua, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kemajuan bagi saya pribadi dan anak didik saya tentunya. Terimakasih atas atensi, interpretasi, koreksi dan apresiasinya…


Best Regards,
Joni Balbo

23 komentar:

yaqiendesign mengatakan...

wew... keyen.........

bangga banget tuh pastinya... aku juga bangga bisa posting ini 99designs-surga-dunia-yang-baru-terungkap

kangismet mengatakan...

Wah, hebat....
Anak didiknya aja udah kayak gitu..
gimana pak gurunya tuh?
"Explor terus duniamu"

Joni Balbo mengatakan...

#yaqien;
Thx bos untuk apresiasinya..
Iya bos, Joni sangat bangga dengan anak2 Spelanta, khususnya untuk mereka yg serius belajar dan gak menyia-nyiakan kesempatan. Semoga dengan menampilkan karyanya di Zibalbogalery, kreativitas akan semakin terasah dan melatih kepercayaan diri mereka untuk terus berkarya:)

Ok, deh ntar gantian aku berkunjung ke blogmu.. thx

#kangismet;
Hatur Nuhun kang, kumaha damang? :)

Btw, sebagai gurunya aku juga masih harus terus belajar menjadi lebih baik dan baik lg kok kang, belajar dari mereka juga belajar dari siapa saja, termasuk Kang Ismet : )

Skl lg thx atas perhatiannya…

Anonim mengatakan...

BAGUS-bagus...tapi lebih suka ngeliat budaya yogya, soalnya warnanya pas dilihat enak itu saja seh

*mAS_BEO

Anggun Adi Prasetya aka GoenRock mengatakan...

Ide2nya mangstab banget. Kamu emang seorang pendidik yang luar biasa. Update terus ya Brooo :)

-GoenRock- mengatakan...

Halah, salah pake account Blogger :)) Blogku yang goenrock.com yaaa :D

Joni Balbo mengatakan...

#mAS_BEO;
Thx mas atas apresiasinya..
Btw, kl mas beo seneng dengan yg budaya Jogja, mungkin karna mas beo sekarng tinggal di Sumedang n kangen Jogja kalee… he he..

#GoenRock;
Alias Anggun Adi Prasetya… wew, kawan lama waktu duduk di bangku kuliah UNY,
Thx bos atas sanjungannya… btw, animasimu juga makin RuaarR biasa bos! semoga makin sukses di Ibu Kota.. Amien…

antown mengatakan...

bo, saya baru tahu kalo ente ngajar. smngat deh buat kamu!!
saya salut mereka SMP dah bisa photoshop.

smgt!!
apdet terus ya... (niru goenrock)

Joni Balbo mengatakan...

#antown;
he.. he... thx bos untuk apresiasinya:)

iya sebenarnya aku guru yg masih harus terus dan selalu "berguru". cuma untuk menampilkan identitas provesi yg sbenarnya di blog memang nunggu waktu yg tepat, dan inilah saatnya:) skali lg thx untuk kunjungannya...

ugoonc mengatakan...

keren.

sagata architecture mengatakan...

subhanallah, OK karya-karya muridnya. kreatif dan berhikmah.

oya dari KUNTUM ada lomba disain logo. bisa jadi ajang buat siswa-siswanaya. buka web Ikatan pelajar muhammadiyah

isdiyanto mengatakan...

mantap-mantap.... KEREN,,,

themunir mengatakan...

hebat..salut! keren2 karya2nya. terutama yang manual tuh! sekalian aja dab dimuralkan pagar kampus smp9 tuh.. ! sukses!

Joni Balbo mengatakan...

#ugoonce & isdiyanto;
thx bos untuk apresiasinya..

#sagata;
thx untuk apresiasi n infonya... ok deh ntar aku googling...

#themunir;
thx bos, untuk apersiasinya...
btw, kl soal pagar SMP itu kmrn pas 17-an dah dimural, untuk memperbarui lg nunggu waktu yg tepat bos:) thx

Anonim mengatakan...

Nah g salah kan klo aq pribadi menjuluki THE MASTER hehe...(bukan cuma yg ada d tv lho!)...
paling ngga ya saling berbagi ilmu dengan yg terdekat...
atau malahan mungkin kita yang dapat pembelajaran/ilmu baru dari sang murid(baca:kita yang lebih paham dari si dia)...simbiosis mutualisme betul g boz?...adietsign

Joni Balbo mengatakan...

#adietsign;
Istilah “THE MASTER” mnurutku masih dirasa terlalu berat bos. He.. he…

Kl soal belajar, kl dlm bhs kerennya;) akan lebih tepat “belajar” dimaknai secara “holistik” yang tak terbatas pada ruang dan waktu; baik usia, kapan saja dan dimana saja, he.. he.. teorinya begitu bos:)

OK, Thx atas apresiasinya…

BiOloGi club mengatakan...

mau minta izin dl nih

boleh engga saya mampangin salah satu poster hasil karya SMP 9 yogyakarta di FB saya

sebagai referensi tugas saya dan temen-temen saya

makasih sebelumnya!!

Patung Pancoran mengatakan...

hebat!

anak smp udah bisa bikin konsep yang cukup 'kena' begini. calon seniman hebat tuh!

Joni Balbo mengatakan...

#BiOloGi Club;
kl untuk referensi boleh saja mas/mbak, tp kl itu di publikasikan tolong tetap disertakan sumber link dan pembuatnya. (ya sebagai bentuk saling menghargai karya orang lain di dunia maya)

ok, thx atas kunjungannya...

#Patung Pancoran;
thx atas kunjungan n sanjungannya...

Rumahnya Chandra mengatakan...

wah..kaget aq lihat karya ank2 SMP.swer ga keliatan bgt klo itu karya ank SMP.bagus bgt..dah siap buat diikutin ke kompetisi2 desain tu boss..

Joni Balbo mengatakan...

#Chandra;
wew... sang pemenang lomba poster Bank Indonesia akhirnya berkunjung n berkomentar ke galleryku juga... he... he..

Ok bos, thx buat apresiasinya..

tamhitam mengatakan...

wuidiiiiih pa guruuu!!!
ciamiiiik!
keren2 bro, anak2 smp aja uda kreatiiib. salut pa guru!

rah[ma.ut]ami mengatakan...

Wah,.
saya senang skali lia posting ini, mengingat mereka siswa SMP tapi udah mulai sadar sama isu sosial d sekitar kita. yang kaya gini nih perlu banget biar jadi bnagsa yang kreatif dan peduli!
salut
idenya udah luarbisa, tinggal pegarahan ke aspek 'crafting visuals' dan tipografinya.
salut!
keep the good work ya!
salam kenal