Sabtu, 07 Juni 2008

The Mystery of Merapi Volcano


Joni Balbo menjagokan iklan di atas untuk Lomba Iklan “Indonesia Bertindak” di forum Creative Circle Indonesia (CCI). Karya tersebut berjudul “The Mystery of Merapi Volcano”. Iklan propaganda ini dilombakan bertujuan untuk mengembalikan citra pariwisata Indonesia di mata internasional.

Sembari menunggu khabar siapa yang akan menjadi jawara diantara ratusan peserta lainnya, Joni Balbo publikasikan iklan hasil kreasiku untuk kompetisi tersebut, file sengaja Balbo kecilkan, dengan alasan untuk melindungi hak cipta :)), jika teks pada iklan tersebut tak terbaca, Balbo tuliskan ulang disini…

The Mystery of Merapi Volcano

Its Sleeping is Charisma…
Its Rising is Exotic…

You can’t find it in this world,
Except in here…

In INDONESIA
Dangerously Beautiful Country

Sebenarnya, penemuan konsep dan ide iklan tersebut terjadi secara kebetulan:), sekedar cerita; pada waktu itu Joni Balbo sedang berkemah di bumi perkemahan Wara, Kaliurang, Jogjakarta. Saat itu tepat tanggal 20 Mei 2008, saat 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional diperingati. Saat duduk santai mencari inspirasi dan menikmati anugrah-Nya, sekitar pukul dua belas siang, angin gunung di Kaliurang berhembus kencang dan seolah-olah merangkul dan mengajak juta’an pohon pinus menari-nari… whuuss… exotic sekalee… menghentakkan bendera dan puluhan tenda kemah penuh warna, membangkitkan semangat Nasionalisme, menciptakan kharisma yang luar biasa… Wuih…!!! pas sekali bukan? Otak kanan di kepala ini laksana ikut menari, seperti mendapat “wangsit”, imajinasikupun mengalir, bagaikan awan yang berarak, berhembus diantara semak-semak keypad, merangkai kata dalam handphone kuno kesayangan, mengabadikan dalam gallery imajinasi semangat penuh misteri, kini menebar pesona dan tersaji untuk Anda yang penuh mimpi…:))

Trough this advertisement Joni Balbo is inviting tourists…
“Don’t be provocated by the travel warning to come to Indonesia. Prove here! In Merapi, experience by yourself the real dangerous country, Indonesia Dangerously Beautiful Country !”

By the way, apakah Anda blm pernah melihat Merapi secara langsung juga?
Jika belum pernah, monggo tindak wonten ing Jogja, pinanggih kalian Joni Balbo :)), mangkih kulo dere’aken Sodara-sodara berpetualang mengungkap misteri, menikmati panorama Merapi, dan jika beruntung Anda akan menemukan “wedhus gembel” dari dekat, melewati Kaliurang, Kaliadem, Kalikuning, Kaligendol, Kaliboyong dan puluhan kali-kali lainnya di Jogja…:)), tapi ada syaratnya; Ongkos transportasi dan akomodasi ditanggung sendiri kalee... :))

Bagaimana, Anda ikut tertantang?

18 komentar:

Anonim mengatakan...

halo juga bos!wakakakak, yang menang logo IGOS gambarnya daon.Kayaknya juri lagi pengen berhijau-hijau ria. padahal gw bela-belain bikin, pake open source pula! kalo dapet 10 jt kan buat gw kuliah. mengenai post merapi ini gw gak komen banyak, potonye keren,kapan2 ajarin ye fotgrafi. cs-an ya bos!saling komen blog gitu......

Anonim mengatakan...

weks..keren2 bozz....TOP BGT bgt dahh...g gk bs komen byk2 ye...kreasi lo dah bgs tinggal lo kembangin lg biar tambah keren abeezzzz..........
hehehhe

Anonim mengatakan...

weks..keren2 bozz....TOP BGT bgt dahh...g gk bs komen byk2 ye...kreasi lo dah bgs tinggal lo kembangin lg biar tambah keren abeezzzz..........
hehehhe..duhh..ampe salah ngeklik dah tuhh...

Anonim mengatakan...

thx to semua apresiasinya... :D

Anonim mengatakan...

bos, ntar bisa posting acaranya ga? hanya sekedar rekues. hehehe. Guambarnya bagus bro!

Anonim mengatakan...

Aku agak terganggu antara komposisi headline dan bodycopynya. Ukuran font bodycopynya lbh gde drpd headline 'Mystery of Merapi Volcano' tsb. Boleh sih bodycopy lbh gde dari headlinenya, tp yg ini agak kelihatan gak balance gitu.

Trus ini iklan menurutku hanya menonjolkan unsur informatif-nya aja, unsur persuasifnya ada sih, tapi terlalu umum. Bagus sih menggali ide ttg Merapi, tapi insight-nya kurang menarik dan kurang menggugah. Sepintas ini mah seperti ilustrasi di kalender gitu.
Kalau dibandingin dengan penggalian insight-nya, aku lebih suka poster bikinanmu yg tanaman di atas mobil itu lo, insight-nya sgt menarik, informatif, dan memberi solusi. Aku pun jadi tahu jenis tumbuhan itu(wadhuh aku lupa namanya) dan mendorongku untuk berusaha doing something...Nice Try!

Husni-dg sgala keterbatasannya

Unknown mengatakan...

idenya menurutku bagus... dibalik kedasyatan gunung merapi memang tersimpan banyak misteri.. jadi inget waktu di Jogja dan menikmati ketakutan dan keindahan letusan merapi.. (ups ngelantur) kembali ke topik >> visualnya kurang mendukung judulnya.. kurang mysteriusly beautiful dab. Body copy terganggu dengan visualnya. lainnya nggak bisa ngomong lagi deh, wong sama-sama belajar. Tapi ini hanya subyektif saja lo... tetap semangat ya..
Blognya keren

Anonim mengatakan...

aku kurang setuju klo desain ini buat mengembalikan citra pariwisata. orang akan melihat danger-nya dibanding exotic... ecpt para petualang kayak kita.. the mistery of merapi volcano...??? /:) yess it is....

Anonim mengatakan...

Merapi ne apik jon!Cuman gramatikalnya kayanya ada yang perlu dikoreksi de.Check those out again fella!

Anonim mengatakan...

sucks big time, dude.
That's a fucking stupid copy!

Anonim mengatakan...

wiuw.. komentar terakhir. ck ck ck... ya... namanya juga belajar

Anonim mengatakan...

lilikian: sorry boss, baru smpat ngintip blog lo, cos' rada pas sibuk je, postere lumayan bagus, tp lebih bagus jika, juga memuat "info" bahwa merapi mrupakan satu diantara gunung berapi paling aktif du dunia, whaterver,,
berkarya trus ae, klo belum sukses hari ini berarti besok, ato besoknya lagi, pasti!! sip

Anonim mengatakan...

waduhh kopinya berantakan tuh XoX
b.inggrisnya lebih diasah lagi ya..

Anonim mengatakan...

thx, komentarnya... iya masih harus banyak belajar lg ini...

Anonim mengatakan...

gila.. merapi api bang geget
sumpeh bo. gw baca puisi lo gw agak terharu, ga terasa air mata menitik di pipi... gw melihat kembali kehidupan gw dimasa lalu.. apakah gw ini sudah berguna bagi bangsa dan negara... teruslah berkarya joni zilbabo... karyamu inspirasiku.. inspirasi bangsa!!

Anonim mengatakan...

wiuw... komentarmu justru membuatku terharu... he he... thx ya..

Anonim mengatakan...

zzzz... ga sadar ya itu bahasa sarkasme...
'___' swt bo..

Anonim mengatakan...

kok sarkasme?, sarkasme di iklan atau di komentar? kl di iklannya, mungkin kamu aja yang gak paham isi itu iklan tsb memang propaganda... tp thx atas apresiasinya :)