Minggu, 09 Desember 2007

DESAIN LOGO BEI - SXI 2


2. LOGO BEI-SXI 2

Arti BEI-SXI 2;

  • Logo ini merupakan variasi dari logo pertama dan secara keseluruhan hampir sama maknanya. Bentuk logo di atas merupakan stilasi huruf dari singkatan Bursa Efek Indonesia (BEI); yaitu B pada warna abu-abu dan hitam, abu-abu huruf E dan I pada warna merah. Logo tersebut juga stilasi singkatan dari The Stock Exchange of Indonesia (SXI); Warna hitam dan abu-abu (diagonal) sebagai huruf S, warna hitam & abu-abu (persilangan) sebagai huruf X, dan Merah sebagai huruf I.

  • Logo di atas merupakan simbol dari pasar bursa yang identik dengan grafik. Pada logo tersebut grafik digambarkan sebagai grafik yang memiliki dinamika dan yang selalu naik, dapat kita lihat dari bentuk lengkung warna hitam bagian bawah menyambung warna abu-abu yang mengarah keatas. Bentuk grafik tersebut ditegaskan pada huruf I berwarna merah yang melambangkan energi, kekuatan, pencapaian tujuan yang sesuai dengan Visi dan Misi BEI/SXI. Dan juga merupakan harapan agar perekonomian Indonesia semakin mantap dan maju dengan pesat.

  • Logo diatas (pada huruf B & E) menggambarkan kelopak bunga yang terbuka, mekar dan bergerak dinamis, yang mencermikan BEI yang selalu berkembang mengikuti pasar dunia. Persilangan huruf B & E atau S & X, merupakan cerminan dari BEI yang memiliki beragam produk investasi dan juga persilangan menggambarkan saling terintegrasinya antara produk investasi satu dengan yang lainnya, serta integrasinya BEI dengan pasaran saham dan perekonomian dunia.

  • Warna hitam bagian bawah, selain dari estetika sebagai keseimbangan dari 3 kelopak bagian lainya, dari segi warna mewakili dari pasaran saham luar negeri. Bentuk tersebut mengarah ke kelopak lainnya yang menggambarkan bursa saham luar yang saling memberikan pengaruh terhadap BEI. Dari segi bentuk, warna hitam tersebut juga menyerupai kepala Rajawali, atau simbol Indonesia. Pada jambul rajawali tersebut juga merupakan penyederhaaan dari Grafik yang naik keatas. (grafik yang menuju pada kebaikan)

  • Huruf I berwarna merah, merupakan lambang dari BEI yang memiliki infrastruktur yang handal dan diharapkan selalu menuju grafik/puncak kejayaan.

  • Pada logo tersebut warna hitam dan warna abu-abu membentuk 4 kuntum motif bunga melati yang identik dengan budaya ketimuran Indonesia. Kuntum tersebut sengaja digambarkan terbuka, bermaksud agar, BEI/SXI mendunia sesuai dengan Visi BEI/SXI

  • Logo di atas pada hurup BE (bentuk bunga mekar) juga menyerupai lambang (swastika) yang artinya perputaran gerak hidup, yang dimaksudkan BEI maupun perekonomian Indonesia diharapkan selalu bergerak aktif maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

  • Pemilihan teks pada Bursa Efek Indonesia dan The Stock Exchange of Indonesia menggunakan huruf arial yang memiliki kesan simpel namun modern dan mengglobal.

  • Pemilihan warna, hitam sebagai lambang kredibilitas BEI, abu-abu identik dengan milenium dan kemajuan serta proffesional. Warna merah sebagai suatu kekuatan yang handal dan gerak yang aktif, serta merah sebagai identitas Indonesia.

  • Secara keseluruhan bentuk logo terlihat terbuka, beragam dan dinamis dan saling terkait antara satu dengan yang lainnya dan merupakan satu kesatuan yang utuh sesuai dengan Visi dan Misi BEI.


Tidak ada komentar: